YURISTGAMEINIGAMEID101

Apa itu Karya Seni Rupa 2 Dimensi ? Berikut Penjelasan Beserta Contoh

   Pengertian, Penjelasan Serta Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi ~

   Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menggunakan media oleh indra penglihatan dan dapat dirasakan indra peraba. Masudnya apa ? Masudnya adalah bahwa seni ini mempunyai ciri ciri dapat dilihat serta diraba. 


   Dilihat dari bentuknya, seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Dan kali ini, saya hanya akan membahas mengenai seni rupa 2 dimensi.



   Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang hanya memiliki dua sisi, yaitu sisi lebar dan panjang. Jadi kita hanya dapat melihatnya melalui SATU ARAH. Seni rupa 2 dimensi ini tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketinggian atau ketebalan. Sedangkan seni rupa 3 dimensi tidak hanya terdiri sari panjang dan lebar saja, melainkan memiliki ruang atau volume. Dan karya seni rupa 3 dimensi dapat dilihat dari SEGALA ARAH.


1. Teknik Seni Rupa 2 Dimensi 
       Seni rupa juga memiliki beberapa teknik yang perlu kita ketahui, ada  dalam seni rupa memiliki 12 teknik. Banyak juga ya, padahal cuma menggambar atau melukis. Berikut teknik tekniknya :
a. Teknik Plakat : Teknik plakat adalah teknik melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster atau cat akrelik, dengan goresan yang tebal agar mendapatkan hasil yang pekat dan padat. 
b. Teknik Transparan : Teknik transparan adalah teknik untuk melukis seni rupa menggambar dengan menggunakan cat cair. Sapuan – sapuan warna untuk melukis harus tipis agar hasilnya juga tampak seperti transparan.
c. Teknik Kolase : Teknik kolase adalah teknik yang akan memberikan hasil lukisan yang realis atau abstrak karena terbuat dari potongan – potongan kertas yang di tempel dengan menggunakan lem. 
d. Teknik 3 M (Merekat, Menggunting, Menempel) : adalah teknik dari seni rupa yang juga merupakan proses manipulasi lembaran kertas yang akan menjadi suatu bentuk 3 dimensi. 
e. Teknik Linear : Teknik linear adalah teknik untuk menggambar objek yang dengan menggunakan pola garis dari pensil atau pena.
f. Teknik Blok : Teknik blok adalah teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis dengan menggunakan satu warna. 
g. Teknik Arsir : Teknik arsir adalah teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis yang dengan pulasan garis sejajar atau garis menyilang dengan menggunakan pensil atau pena. 
h. Teknik Dussel : Teknik dussel adalah teknik yang di gunakan untuk membuat gelap terang pada objek lukis dengan goresan – goresan miring yang menggunakan pensil.
i. Teknik Pointilis : Teknik pointilis adalah teknik yang di gunakan untuk menghitamkan objek lukis dengan beberapa titik – titik yang ada.
j. Teknik Aquarel :  Teknik aquarel adalah teknik yang di gunakan untuk menutup objek lukis yang dilakukan dengan menyapu cat cair secara tipis.
k. Teknik Mozaik : Teknik mozaik adalah teknik yang di gunakan untuk melukis dengan cara menempelkan benda – benda 3 dimensi
l. Teknik Menganyam : Teknik menganyam adalah teknik yang di gunakan untuk menumpang tindih dan juga untuk menyilangkan bahan – bahan yang anda sehingga menghasilkan karya seni anyaman.

2. Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi
     Media adalah salah satu alat yang sering di gunakan untuk menghasilkan karya. Berikut ini ada beberapa media seni rupa 2 dimensi:
a. Pensil dibuat dengan campuran grafit dan tanah liat.
b. Konte adalah sebuah alat yang bertektur halus dan berwarna sangat hitam atau bisa dikatakan memiliki warna yang hitam legam.
c. Pensil warna terdiri dari berbagai macam warna-warna dan memiliki tektur lembut.
d. Krayon merupakan bahan atau alat yang digunakan untuk membuat karya seni 2 dimensi yang memiliki banyak ragam warna.
e. Pena merupakan alat yang digunakan untuk menunjang sebuah karya seni rupa 2 dimensi yang bahanya terbuat dari tinta.
f. Cat air merupakan bahan yang sangat familiar di telingga para pelukis bahkan untuk para pelukis pemula,
g. Cat minyak merupakan salah satu alat yang digunakan seorang seniman lukis untuk membuat karyanya diatas media kanvas.
h. Kanvas merupakan salah satu media lukis yang paling banyak digunakan oleh seniman.
i. Kuas adalah alat yang digunakan dalam pengerjaan sebuah karya seni rupa 2 dimensi lukisan.
j. Palet adalah wadah atau media yang digunakan sebagai alat bantu untuk menaruh cat.

3. Unsur - Unsur Seni Rupa 2 Dimensi
       Dalam Seni Rupa 2 Dimensi pasti dibutuhkan beberapa unsur untuk membentuknya. Berikut 6 Unsur karya seni rupa 2 dimensi:
a. Titik
Semua wujud awalnya dihasilkan dari sebuah titik. Dengan kata lain, titik merupakan unsur terkecil dasar seni rupa. Titik juga sering jadi pusat perhatian, apabila berkumpul atau berbeda warna. Titik yang membesar disebut bintik.
b. Garis
Garis merupakan sebuah goresan atau pembatas dari suatu benda, bidang, ruang, warna, texture, dan lain-lain. 
c. Bidang
Dalam seni rupa 2 dimensi, bidang merupakan unsur seni rupa yang terbentuk dari beberapa garis yang terhubung satu sama lain. Bidang mempunyai dimensi panjang dan lebar. Bidang dasar dalam seni rupa, yaitu bidang segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium, dan segi banyak lainnya.
d. Bentuk
Bentuk bisa berarti bentuk plastis (form) atau bangun (shape). 
- Bentuk plastis merupakan bentuk benda yang dapat terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, misal bufet. 
- Bangun (shape) yaitu bentuk benda yang hanya polos, sama seperti yang terlihat mata, sekedar untuk menunjukkan sifatnya yang persegi, bulat, ornamental, tak teratur dan sebagainya.
e. Tekstur
Tekstur yaitu sebuah sifat permukaan benda. Sifat permukaan sebuah benda dapat berkesan kasar, halus, kusam, licin, mengkilap, berpori dan sebagainya.
f. Warna
Beberapa istilah dalam teori warna pigmen diantaranya :
- Warna Primer, yakni warna dasar (warna pokok) yang tidak bisa didapatkan dari campuran warna lain. Warna primer ada 3, yaitu merah, kuning, dan biru.
- Warna Sekunder, yaitu warna yang dihasilakn dari campuran dua warna primer, misal warna ungu, oranye (jingga), dan hijau.
- Warna Tersier, yakni warna hasil percampuran kedua warna sekunder.
- Gelap Terang

4. Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi
- Lukisan
- Seni Grafis
- Seni Mozaik
- Kaligrafi
- Seni Fotografi
- Batik

   Itulah tadi pembahasan seputar Karya Seni Rupa 2 Dimensi. Bagi anda yang sangat menyukai karya seni 2 dimensi, anda bisa memulainya dengan membuat sebuah lukisan. Lalu jika hasilna memuaskan, bisa anda mencoba untuk membuat sebuah Batik. Mengapa harus batik ? Ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. 

Tags :
Apa itu Karya Seni Rupa 2 Dimensi ? 
Penjelasan mengenai Karya Seni Rupa 2 Dimensi
Pengertian mengenai Karya Seni Rupa 2 Dimensi
Unsur - Unsur Karya Seni Rupa 3 Dimensi
Teknik Teknik Karya Seni Rupa 3 Dimensi
Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi
Perbedaan Karya Seni Rupa 2 Dimensi dengan Karya Seni Rupa 3 Dimensi

About Author

Related Post