YURISTGAMEINIGAMEID101

Pengertian Seni Kriya, Seni Kriya adalah [INFO]

    Pengertian Seni Kriya. Seni rupa mempunyai banyak macam cabangnya. Seni kriya adalah salah satunya. Di masyarakat, sering kita kenali dengan sebutan kerajinan tangan. Lalu apa arti dari seni kriya itu sendiri ? Berikut penjelasannya.

Pengertian Seni Kriya
   Seni Kriya merupakan salah satu jenis karya seni yang dihasilkan dengan cara memanfaatkan keterampilan tangan manusia yang mana karya tersebut memperhatikan nilai estetika atau keindahan serta aspek fungsionalnya.

   Istilah kriya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya pekerjaan atau perbuatan. Seni kriya adalam bahasa inggris adalah hand-craft atau handicraft. Berikut pengertian seni kriya menurut para ahli.

  • Kusnandi : Seni kriya adalah kerajinan yang mengartikan seni sebagai hasil kerja tangan (Kriya hasta)
  • Usman Ismail : Seni kriya adalah kerajinan tangan sebagai sesuatu yang dibuat dengan tangan atau kaki dengan bantuan alat yang sederhana yang sekaligus mencermikan ketekunan dan kerajinan seseorang.
  • G. Sidharta : Seni kriya adalah suatu cara tradisional untuk menghasilkan benda-benda kriya yang nilainya indah.

    Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa seni kriya adalah pekerjaan yang dilakukan dengan tangan manusia dengan mempertimbangkan aspek visualnya agar kelihatan indah serta menghasilkan suatu benda yang dapat digunakan untuk kepentingan praktis.

Referensi : Buku SMA KTSP
Tags:
Apa yang dimaksud seni kriya
Apa yang dimaksud kerajinan tangan
Jelaskan yang dimaksud seni kriya
Jelaskan yang dimaksud kerajinan tangan
Pengertian seni kriya menurut para ahli
Pengertian kerajinan tangan menurut para ahli

About Author

Me ? Aldian~

Hanya seorang Blogger, Youtuber, dan pengamat Media Sosial

Related Post