YURISTGAMEINIGAMEID101

Seni Kriya: Pengertian, Fungsi, Teknik, Jenis dan Contohnya

   Pengertian Seni Kriya, Jenis Seni Kriya, Tujuan Seni Kriya, Teknik Seni Kriya, Ragam Seni Kriya, dan Contoh Seni Kriya. Seni mempunyai banyak macam cabangnya. Salah satu cabang yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah seputar Seni kriya. Adapun penjelasan agar lebih dipahami, sebagai berikut:

A. Pengertian Seni Kriya
   Seni Kriya adalah salah satu jenis karya seni yang dihasilkan dengan cara memanfaatkan keterampilan tangan manusia yang mana karya tersebut memperhatikan nilai estetika atau keindahan serta aspek fungsionalnya.

   Istilah kriya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya pekerjaan atau perbuatan. Seni kriya adalam bahasa inggris adalah hand-craft atau handicraft. Berikut pengertian seni kriya menurut para ahli.
  • Kusnandi : Seni kriya adalah kerajinan yang mengartikan seni sebagai hasil kerja tangan (Kriya hasta)
  • Usman Ismail : Seni kriya adalah kerajinan tangan sebagai sesuatu yang dibuat dengan tangan atau kaki dengan bantuan alat yang sederhana yang sekaligus mencermikan ketekunan dan kerajinan seseorang.
  • G. Sidharta : Seni kriya adalah suatu cara tradisional untuk menghasilkan benda-benda kriya yang nilainya indah.
B. Fungsi Seni Kriya
   Dalam pembuatannya itu sendiri, seni kriya mempunyai beberapa tujuan yang harus dicapai. Ada 3 Tujuan dalam pembuatan seni kriya, antara lain:
  1. Sebagai Benda Pakai. Seni kriya dibuat dengan tujuan utama untuk digunakan (dipakai), sedangkan keindahan bersifat sebagai pendukung, misalnya hiasan dinding, cendera mata, [atung, dan lain-lain.
  2. Sebagai Pajangan atau Benda Hias. Seni kriya dibuat hanya sebagai pajangan dengan mengutamakan unsur estetika. Adapun unsur fungsi/kegunanaan hanya sebagai tambahan, misalnya keramik, furnitur, dan lainnya.
  3. Sebagai Sarana Bermain. Seni kriya dibuat untuk alat permainan, misalnya boneka, kipas, dan lainnya.
C. Teknik - Teknik Seni Kriya
   Teknik dalam seni kriya artinya cara yang digunakan perajin dalam proses membuat suatu benda kriya. Berikut adalah teknik pembuatan benda kriya:
>Tangan Kosong (Handmade)
   Teknik handmade merupakan cara pembuatan karya seni kriya hanya menggunakan tangan taanpa menggunakan bantuan peralatan.
> Tangan dan Peralatan Sederhana
   Teknik pembuatan karya seni ini adalah perpaduan antara menggunakan tangan kosong dan menggunakan bantuan alat yang masih sederhana. Sebagai contoh, membuat gerabah /keramik, membuat batik, membuat anyaman, membuat ukiran, membuat tenun tradisional, dan sebagainya.

D. Jenis Seni Kriya
a. Kriya Batu
   Kriya batu merupakan jenis kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar batu serta membentuknya sedemikian rupa sehingga mengandung nilai estetika dan bernilai jual. tinggi. Beberapa contoh Kriya batu diantaranya cincin batu permata, cincin batu akik, patung batu.

b. Kriya Kayu
   Kriya kayu merupakan jenis seni kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu dimana proses pembuatannya akan menggabungkan unsur estetika dan fungsionalnya. Contohnya kreasi kriya kayu diantaranya patung kayu, meja rias dengan ukiran, tempat tidur dengan ukiran, topeng kayu.

c. Kriya Tekstil
   Kriya tekstil merupakan salah satu jenis seni Kriya yang berbahan dasar kain yang pembuatannya biasa menggabungkan dua unsur yakni keindahan dan fungsional. Kriya tekstil dapat dibagi dua macam, yaitu kriya kain batik dan kriya kain tenun.

d. Kriya Kulit
   Kriya kulit merupakan jenis kerajinan tangan yang menggunakan kulit sebagai bahan dasarnya. Biasanya, kulit yang jenis kulit yang digunakan adalah kulit sapi, kerbau, buaya, ular.

e. Kriya Keramik
   Kriya keramik merupakan  kerajinan tangan yang dibuat dari bahan dasar tanah liat. Cara membuatnya menggunakan teknik tertentu sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Pembuatan Kriya keramik biasanya menggunakan beberapa teknik, seperti teknik slab, teknik pilin, teknik cetak tuang.

f. Kriya Logam
   Kriya logam merupakan jenis seni kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar logam dan menggunakan teknik tertentu sehingga menghasilkan bentuk logam yang diinginkan. Teknik pembuatan kriya logam dilakukan menggunakan dua cara, yakni teknik cetak lilin dan teknik bivalve.

E. Contoh Seni Kriya
   Contoh dari karya seni kriya sangatlah banyak. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Akan tetapi untuk lebih spesifiknya, berikut saya tampilkan beserta gambarnya guys.
1. Keramik

2. Ukiran kayu

3. Topeng

Referensi : Buku SMA KTSP dan moondoggiesmusic

Tags:
Materi seni kriya smp sma
Bab seni kriya pelajaran seni budaya
Rangkuman pelajaran seni budaya bab seni kriya
Apa yang dimaksud seni kriya
Apa fungsi seni kriya
Sebutkan teknik seni kriya
Jelaskan pengertian seni kriya
Sebutkan contoh seni kriya

About Author

Me ? Aldian~

Hanya seorang Blogger, Youtuber, dan pengamat Media Sosial

Related Post

1 komentar:

avatar

menambah wawasan sekali kak thanks

Berita hari ini

Balas